Senin, 03 Mei 2021

Struktur Kontrol User Interface

Materi lanjutan mengenai User Interface Pemrograman Dasar X SMKS Kerabat Kita Bumiayu, 3-8 Mei 2021

bagi yang belum memiliki file PDF mengenai user interface bisa download Disini


Dalam pembuatan user interface, yang paling mudah untuk dipelajari pengguna adalah GUI, GUI memberikan keuntungan seperti:

1. Gampang dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim.

2. Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi dimungkinkan.

3. Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan.


Beberapa karakteristik dari GUI yang bisa kita pelajari antara lain:

Window: Beberapa window/jendela bisa  tampilkan informasi – informasi berbeda sekaligus pada layar.

Icon: Mewakili informasi yang berbeda seperti icon untuk file, icon folder atau icon untuk program tertentu

Menu: Menawarkan perintah – perintah yang disusun dalam menu tanpa harus mengetik

Pointing: Alat petunjuk seperti mouse untuk memilih pilihan pada layar.

Graphic: Gambar yang bisa dicampur dengan teks pada display yang sama untuk menyajikan informasi.

Dari beberapa karakteristik diatas mungkin ada beberapa yang sudah sering kita dengar istilahnya seperti icon. bahkan icon sering kita gunakan dalam menggunakan layanan kirim pesan seperti WA, Telegram atau yang lain. Setiap user interface yang berjenis GUI pasti memiliki hampir semua karakteristik yang disebutkan diatas. User interface yang baik harus menyatukan interaksi pengguna (user interaction) dan penyajian informasi (information presentation), maksudnya adalah ketika kita mengakses suatu menu maka menu tersebut memberikan informasi yang kita butuhkan. seperti ketika kita sedang bermain game, menu "play" akan mengarahkan kita langsung bermain game sedangkan "exit" berarti akan mengarahkan kita untuk keluar dari game tersebut

Ada 5 tipe utama interaksi untuk user interaction:

1. Direct manipulation

Pengoperasian secara langsung: interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video games.


Kelebihan: Waktu pembelajaran user sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat.


Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek

2. Menu selection 

Pilihan berbentuk menu: Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnyasaat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki.

Kelebihan : User tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah.

Kekurangan :Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert user dibanding command language.

3. Form fill-in 

Pengisian form : Mengisi area-area pada form. Contoh: Stock control.

Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari

Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan user.

4. Command language

Perintah tertulis: Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system.

Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file.

Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya – tidak cocok untuk user biasa.Kesalahan pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.

5. Natural language 

Perintah dengan bahasa alami: Gunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet.

Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat) – misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata.

Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.


Setelah membaca materi diatas, tugas untuk kalian adalah silahkan pilih salah satu website yang biasa diakses, kemudian analisis karakteristik website tersebut mulai dari window sampai graphic.

Contoh website A, window: memiliki beberapa windows, yaitu halaman utama, profil, dsb. Icon yang digunakan antara lain........

silahkan tulis jawaban kalian di kolom komentar dibawah dengan menuliskan Nama lengkap dan Kelas. Pilih sebagai anonim atau tuliskan nama dan address supaya bisa memberikan komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

oke